Inilah Jurusan Kuliah Para Miliuner Dunia

by Max Perez on

Bangku kuliah merupakan kawah candradimuka bagi setiap orang yang memiliki kesempatan untuk mencicipinya. Begitu pula dengan para miliuner di bawah ini. Anda pasti ingin mengetahui jurusan kuliah apa yang diambil seorang Warren Buffet atau seorang Bill Gates. Apakah mereka benar-benar dapat sukses karena ilmu yang didapat dari bangku kuliah? Atau memang mereka sudah memiliki minat terhadap disiplin ilmu tersebut sedari kecil sehingga mereka dapat sukses? Berikut kami beberkan jurusan kuliah para miliuner dunia.

Warren Buffet

Siapa tak kenal Warren Buffet? Buffet merupakan seorang miliuner yang namanya selalu ada dalan daftar orang terkaya di dunia di majalah Forbes. Buffet muda menimba ilmu di Universitas Nebraska, Lincoln dengan gelar Bachelor of Arts dan Columbia Business School dengan gelar Master of Science. Lelaki dengan jumlah kekayaan sebanyak $58,5 Miliar ini memang menaruh perhatian yang besar pada bidang ekonomi. Terbukti, Buffet dewasa ini adalah salah satu orang yang sungguh cekatan dalam investasi keuangan. Warren Buffet memiliki prinsip seperti ini: “Investasi yang paling baik adalah dengan berinvestasi dalam diri Anda sendiri. Namun, tidak melulu dengan bersekolah atau mengenyam pendidikan di Universitas. Saya sendiri memiliki dua gelar kesarjanaan yang sekarang saya tidak tahu di mana ijazah tersebut saya letakan.”

Larry Ellison

Oracle, ya, perusahaan yang mendunia ini adalah perusahaan yang dipimpin oleh Larry Ellison. Jika Anda menerka bahwa Ellison berkuliah di jurusan komputer atau Teknik Jaringan, Anda salah besar, karena Ellison muda menaruh minatnya pada bidang kedokteran. Larry Ellison sempat kuliah jurusan kedokteran di Universitas Illinois, Urbana. Adapun Ellison kemudian Drop Out dikarenakan ibu angkat Ellison menderita kanker. Lalu, Ellison pun kembali memasuki bangku kuliah, namun kali ini beralih ke jurusan Fisika dan Matematika dengan almamater Universitas Chicago. Alih-alih dapat menempuh kuliah dan menyelesaikannya sebagai sarjana, Ellison muda kembali Drop Out. Namun, bukan tanpa ilmu yang sia-sia, Ellison pun dapat mendirikan Oracle karena mata kuliah Pemrograman Komputer yang merupakan salah satu mata kuliah di jurusan tersebut, tentu setelah Ellison belajar lebih lanjut secara otodidak. Kini Ellison memiliki kekayaan sebanyak $41 Miliar.

Jim Walton

Siapa yang tak tahu Walmart, supermarket yang banyak tersedia di Eropa ini merupakan penghasil pundi-pundi emas bagi Jim Walton karena saham yang ditanamnya. Jim merupakan anak bontot dari Sam Walton. Jim muda memiliki jiwa bisnis, karena itu ia pun memutuskan untuk kuliah di Universitas Arkansas, Fayetteville dengan bidang ilmu Administrasi Bisnis. Jim lulus dengan almamater ini pada tahun 1972 dengan gelar Bachelor of Arts.

Bill Gates

Sistem Operasi Windows pada laptop Anda adalah salah satu mahakarya dari Bill Gates. Tentu, sistem operasi ini bukan dengan mudah dibuat oleh orang yang awam terhadap teknologi. Namun, jika Anda menerka disiplin ilmu yang dienyam Gates sewaktu di bangku kuliah ada sangkut pautnya dengan komputer atau teknik jaringan, Anda dipastikan salah besar. Gates muda beralmamater Harvard dengan disiplin Ilmu Yuris, atau yang kita kenal dengan Ilmu Hukum. Gates memilih jurusan ini lantaran tidak memilki keinginan yang pasti. Keputusan Gates menanggalkan almamater Harvard adalah keputusan yang sangat berat. Ia pun tahu kedua orang tuanya akan depresi mendengar hal itu. Namun, karena membangun Microsoft adalah panggilan jiwanya dan harus dikerjakan dengan full time, Gates mengambil keputusan besar untuk berhenti kuliah dan fokus membangun Microsoft. Keputusan tersebut tidaklah keliru, lihat saja saat ini, Microsoft menjelma menjadi perusahaan raksasa.

Charles Koch

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Itulah peribahasa yang cocok disematkan pada lelaki yang memiliki kekayaan sejumlah $37,9 Miliar ini. Charles muda beralmamater Massachusetts Institute of Technology atau yang dikenal dengan MIT, Cambridge, Inggris pada bidang Teknik Sipil. Sang ayah pun juga lulusan MIT dengan gelar Bachelor of Science pada bidang Teknik Kimia. Charles muda kemudian melanjutkan pendidikan Pascasarjananya di bidang Teknik Mesin dan Nuklir pada Universitas yang sama. Tak puas, Charles kembali berkuliah dengan memfokuskan dirinya di bidang Teknik Kimia. Lulus dari MIT pada 1958, Charles menjadi CEO Koch Industri dan mengatur sahamnya di perusahaan ini bersama sang adik, David Koch.

Itulah jurusan kuliah yang dienyam oleh para orang terkaya dunia. Memang, sebagian dari mereka Ada yang berpindah jurusan, drop out, atau bekerja tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang ditempuhnya di bangku kuliah. Hal ini membuktikan bahwa tolak ukur keberhasilan seseorang tidak bisa serta merta disematkan pada bang kuliah semata, namun ada banyak faktor yang memengaruhi, salah satunya adalah kerja keras.

Untuk itu diperlukan suatu kerja keras dan memulai berinvestasi dalam mengejar apa yang kita mau seperti para tokoh terkaya dunia tersebut. Karena bekerja keras merupakan cara tercepat dapat uang dari penghasilan tambahan dengan berinvestasi.

Written by: Max Perez

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *